Jaringan komputer
1.Pengertian
Jaringan
komputer (jaringan)
adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk
dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan
dapat mengakses informasi (peramban web). Tujuan
dari jaringan komputer adalah agar
dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari
jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak
yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan
disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer
Dua
buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan
terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan
komputer yang sederhana.: apabila ingin membuat jaringan komputer
yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.
Sumber : (id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer)2. Manfaat Jaringan computer
Yang
pertama membagi sumber daya adalah jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai
sarana untuk membagi sumber daya yang ada. yang kedua yaitu rehabilitas tinggi
adalah jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengcopykan data – data kedua
atau tiga komputer. yang ketiga yaitu menghemat biaya adalah dengan jaringan
komputer, sebuah perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan.yang
keempat sebagai sarana komunikasi adalah jaringan komputer dapat dimanfaatkan
oleh perusahaan atau organisasi.
Jika
Anda bertanya tentang manfaat jaringan komputer atau internet, maka sangat
banyak sekali manfaat internet, antara lain:
Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersamasama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data
tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.
Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersamasama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data
tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.
Reliabilitas
tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi
dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat
disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi
kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang
lain bisa digunakan.
Komputer
berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan
dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan
kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap,
harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi.
Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para
perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputerkomputer
pribadi
Di bawah ini merupakan
beberapa manfaat jaringan antara lain :
- Resource sharing .
Bermanfaat digunaan sebagai sumberdaya
yang secara bersama-sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km
jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data
tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering
diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
Dengan
ada jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi
dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat
disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke
jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa
digunakan.
- Menghemat uang.
Komputer
berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan
dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan
kiro – kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetapi
harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidak
seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk
membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer pribadi.
3.
Tipe jaringan Komputer :
1. JARINGAN CLIENT-SERVERServer adalah komputer yang menyediakan berbagai fasilitas bagi komputer lain di dalam jaringan dan client adalah komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas tersebut yang disediakan oleh server. Server tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena alami berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation atau server tersebut.
2. JARINGAN PEER TO PEER
Bila ditinjau dari peran server di kedua tipe jaringan tersebut, maka server di jaringan tipe peer to peer diistilahkan non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.
Keunggulan Jaringan Peer To Peer
.* Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
* Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
Kelemahan Jaringan Peer To Peer
* Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server, karena setiap komputer/peer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
* Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki.
* Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jarinfan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut.
4. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan
Jaraknya
Jenis-jenis jaringan :
1) Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan milik pribadi yang jangkauannya hanya sampai beberapa
kilometer. LAN biasanya dibuat atau digunakan untuk menghubungkan komputer
dalam sebuah gedung (kantor).
2) Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan jaringan umum yang
jangkauannya cukup besar. MAN dapat membuat jaringan komputer antar
gedung. MAN juga mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan
dengan jaringan televisi kabel
3) Wide Area Network (WAN)
Merupakan jangkauan umum yang cakupannya lebih luas daripada
MAN. Jaringan yang dibentuk WAN ini dapat mencakup sebuah Negara bahkan benua
4) Internet
Merupakan kumpulan jaringan yang
terinterkoneksi. Internet merupakan
pengembangan jaringan , yang dibuat untuk memudahkan komunikasi setiap orang
yang berjauhan keberadaannya.
5) Wireless
Merupakan suatu solusi terhadap
komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Saat
ini wireless sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit ataupun
sebuah tower pemancar internet.
Sumber : http://febrialams.wordpress.com/2010/06/06/jenis-jaringan-komputer-berdasarkan-jarak/
5.
Topologi Jaringan Komputer
·
Topologi Jaringan Komputer
Topologi merupakan diagram yang
mewakili cara komputer terhubung dalam jaringan. Terdapat bermacam-macam
topologi di dalam teori jaringan komputer, namun dalam pembahasan ini hanya
dibahas empat macam, yaitu:
- Topologi Bus
Seluruh
komputer dalam jaringan terhubung dalam sebuah bus atau jalur komunikasi data
utama/ backbone (berupa kabel). Komputer dalam jaringan berkomunikasi dengan
cara mengirim dan mengambil data melalui bus Macam-macam Jaringan Komputer 4
- Topologi Ring
Sesuai dengan namanya, ring atau
cincin, seluruh komputer dalam jaringan terhubung pada sebuah jalur data yang
menghubungkan komputer satu dengan lainnya secara sambung-menyambung sedemikian
rupa sehingga menyerupai sebuah cincin. Topologi ini mirip dengan hubungan seri
pada rangkaian listrik, dengan kedua ujung dihubungkan kembali, sehingga jika
salah satu komputer mengalami gangguan, maka hal itu akan mempengaruhi
keseluruhan jaringan. Dalam sistem jaringan ini, data dikirim secara
berkeliling sepanjang jaringan (ring). Setiap komputer yang ingin mengirimkan
data ke komputer lain harus melalui ring ini
- Topologi Mesh
Topologi ini sering disebut “pure
peer-to-peer”, sebab merupakan implementasi suatu jaringan komputer yang
menghubungkan seluruh komputer secara langsung. Saat ini sangat jarang
digunakan sebab rumit dan tidak praktis, topologi mesh ditunjukkan dalam Gambar
5 :
- Topologi Star
Dalam topologi ini masing-masing
komputer dalam jaringan dihubungkan ke sebuah konsentrator dengan menggunakan
jalur yang berbeda-beda, sehingga jika salah satu komputer mengalami gangguan,
jaringan tidak akan terpengaruh. Komunikasi di dalam jaringan diatur oleh
konsentrator, berupa hub maupun switch. Gambar topologi star ditunjukkan pada
Gambar 6 :
6.
Perangkat Keras hardware
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data
yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan
antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita
berbicara mengenai firmware, karena firmware
ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras.
Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh
pengguna umum.
Komputer
pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop
atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
- Papan sistem/papan
induk yang merupakan tempat CPU,
memori , slot vga, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
- RAM - tempat penyimpanan data sementara / jangka
pendek,sehingga perangkat lunak yang kita jalankan akan tersimpan
sementara, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk
mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
- Buses:
- ROM (Read Only Memory) di mana
firmware diletakkan
- CPU (Central Processing Unit)
sebagai otak dan bagian utama komputer
- Power supply - sebuah kotak yang menyalurkan daya ke papan induk transformer, kontrol voltase dan kipas
- Pengontrol penyimpanan, dari
jenis IDE, SCSI atau SATA atau lainnya, yang mengontrol hard
disk, Floppy
disk, CD-ROM, DVD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan
induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
- Pengontrol penampilan
video yang memproduksi output untuk komputer display
- Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB,
Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar
lainnya seperti printer atau scanner
- Beberapa jenis penyimpanan komputer:
- CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah
tapi mudah rusak.
- DVD
- Floppy disk
- Penyimpanan dalam - menyimpan
data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
- Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
- Disk array controller
- Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa
yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara
speaker.
- Jaringan
komputer - untuk menghubungkan komputer
ke internet dan/atau komputer lainnya.
- Modem - media penyambung ke koneksi internet.
- Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke
komputer lain.
- Alat lainnya.
Sebagai
tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini
merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
Sumber
: id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras
SEJARAH KOMPUTER
Sejarah
Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.[3] Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama.[3] Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.[3]
Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).[4] Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.[4] Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer.[4] Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.[4] Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969.[5] Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.[5] Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.[5] Dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).[3] Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.[3] Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antarateknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.[3]
Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untukARPANET.[5] Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer.[5] Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.[5] Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat.[5] Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.[5] Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahnmempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).[5] Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.[5] Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.[5] Setahun kemudian, sudah lebih dari 100komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.[5]
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) pada tahun 1979.[6]Tahun 1981, France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.[6]
Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan.[6] Untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol(IP) yang kita kenal hingga saat ini.[6] Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia.[6] Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroupUSENET.[6]
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS.[5] Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.[5]Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.[5]
Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ).[6] Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat.[6] tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan.[6] Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan.[6] Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.[6]
Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer pada tahun 1992.[5] Dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah).[5] Dan pada tahun1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs.[5] Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.[5]
0 komentar:
Posting Komentar